All About Engine
By : Isman Nurfauzan
Halo gan, kali ini ane mau bahas tentang mesin-mesin yang ane rekomendasi buat drifting, kita mulai aja pembahasan nyaaa
Dalam Drifting banyak banget tuh aspek-aspek yang mempengaruhi si mobil buat drifting salah satunya itu ya ini dia yang nama nya 'Mesin' udah ga asing nih bagi orang-orang yang namanya mesin apalagi buat Car Guys kalo ada orang ngomong mesin ntu wah pusing dah pasti ngocoblak (cerewet) mending dah kalo bener kalo salah bijimane, langsung aja ane urutin mesin-mesin yang masuk list ane
Cara kerja mesin ini cukup spesial, mesih ini tidak menggunakan piston melainkan rotor yang nantinya akan berrputar, ane kasih beberapa foto cara kerja mesin ini
Mobil yang ane demenin yang pake ini mesin itu diantaranya Mazda RX-7, RX-8, 787B. Mesin ini memang beda dengan mesin lain, tapi jangan diragukan performa nya, Bukti :
Ane bakal masukin spek mesin Rotary Mazda 787B :
Mesin ini udah ga asing lagi, apalagi mesin ini pasti nyambung sama Hachi-Roku alias AE86, pasti nyambungnya ke Intial D :v
Seri A menunjukan konfigurasi mesin inline 4 cylinder, mesin 4A, dirancang dengan menggunakan “Bore silinder” dari mesin seri 3Ayang diperbesar. Ukuran aslinya adalah 81 mm (3.19 in), tetapi ukuran stroke-nya tetap dipertahankan yaitu berukuran 77 mm (3.03 in). Dengan cara ini, kapasitasnya naik menjadi 1,6L (1578 L), serta memberikan stroke rasio yang menguntungkan saat RPM tinggi. 4A juga dikembangkan menjadi beberapa versi. Salah satunya adalah mesin 4A-GE
Ini dia Monster yang paling monster dari segala monster hahahahaha :v mantep nih ane demen sama ini mesin, twin turbo lah, 3000cc lah, inline six lah, lahir taun 91' masih laku gan sampe sekarang ini mesin, 1000hp? challenge accepted. Apalagi kalo ini mesin udah namplok sama cangkang nya alias Toyota Supra gila dah, naga di Ind*siar juga kalah gan :v walaupun pertama kali brojol nih mesin udah namplok di aristo, tapi ini mesin bagi ane udah kaya maskot nya Toyota Supra
Cek Spek nya yang namplok di supra mark 4 std :
Boleh Di cek :
Dalam Drifting banyak banget tuh aspek-aspek yang mempengaruhi si mobil buat drifting salah satunya itu ya ini dia yang nama nya 'Mesin' udah ga asing nih bagi orang-orang yang namanya mesin apalagi buat Car Guys kalo ada orang ngomong mesin ntu wah pusing dah pasti ngocoblak (cerewet) mending dah kalo bener kalo salah bijimane, langsung aja ane urutin mesin-mesin yang masuk list ane
- OM606 by Mercedes-Benz
(om606)
Nah ini mesin bisa dibilang gila buat ane, ini mesin diesel gan, suara gahar, dan yang pasti nih dari knalpot keluar asep item, salah satu tim yang pake ini mesin tuh yang ane tau Black Smoke Racing (http://www.blacksmokeracing.com) tim ini waktu awal tuh pake Mercedes-Benz W123 300TD '81 yang jelas jeroan nya om606 twincharge yang di bangun di finlandia, ini monster di kontrol sama Teemu Peltola, sejak 2013 ini team bangun monster baru berbasis Mercedes-Benz w203 Wagon,
keluar dari team tersebut ini dia spek om606 :
Konfigurasi Mesin = 6 Cylinder Inline
Displacement = 3000cc
Diameter Cylinder = 87 mm (3 in)
Langkah Piston = 84 mm (3 in)
Valve (klep) = DOHC 24 Valve
ID | DIN-rated max. motive power at rpm | max. torque at rpm | aspiration | years | applications |
---|---|---|---|---|---|
OM 606.910 | 100 kW (136 PS; 134 hp) @5000 rpm | 210 N·m (155 lb·ft) @2200 rpm | Natural | 1993–1996 | W124 E 300 D |
OM 606.912 ERE | 100 kW (136 PS; 134 hp) @5000 rpm | 210 N·m (155 lb·ft) @2200 rpm | Natural | 1995–1997 | W210 E 300 D |
OM 606.961 ERE | 130 kW (177 PS; 174 hp) @4400 rpm | 330 N·m (243 lb·ft) @1600 rpm | Turbocharger,intercooler | 1997–1999 | W140 S 300Turbodiesel |
OM 606.962 ERE | 130 kW (177 PS; 174 hp) @4400 rpm | 330 N·m (243 lb·ft) @1600 rpm | Turbocharger,intercooler | 1997–1999 | W210 E 300Turbodiesel |
OM 606.964 ERE | 130 kW (177 PS; 174 hp) @4400 rpm | 330 N·m (243 lb·ft) @1600 rpm | Turbocharger,intercooler | 1996–2000 | W463 G 300Turbodiesel |
- SR20DET by Nissan
(sr20det)
Pasti pada tau FnF Tokyo Drift kaan? inget deh silvia s15 punya Han, mesin ini ada kalo agan beli silvia s15 karena memang mesin standar nya ada seri sr20de dan ada sr20det, pas mesin s15 han nya di swap ke shelby cobra gt500 eleanor babehnya sean nah itu dia sr20det langsung aja ke speknya :
- SR - Kode mesin
- 20 - 2.0L
- D - DOHC
- E - Electronic Fuel Injection
- T - Turbocharged
Car | Engine | Compression | Power | Torque | Turbo | Stock boost | Turbine | Compressor |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
'89 U12 Bluebird Ltd | Redtop | 8.5:1 | 150 kW (201 hp) @ 6000 rpm | 202 lb·ft (274 N·m) @ 4000 rpm | T-25g | 7psi | ||
'91-'95 U13 Bluebird Ltd | Redtop | 8.5:1 | 154 kW (206 hp) @ 6000 rpm | 202 lb·ft (274 N·m) @ 4000 rpm | T-25G | 7psi | ||
'95-'97 W10 Avenir Salut | Silvertop | 8.5:1 | 154 kW (206 hp) @ 6000 rpm | 202 lb·ft (274 N·m) @ 4000 rpm | T-25G | 7psi | ||
'97-'01 W11 Avenir GT4 | Silvertop | 8.5:1 | 169 kW (227 hp) @ 6000 rpm | 203 lb·ft (275 N·m) @ 3600 rpm | T-25BB | 9psi | ||
'90-'94 N14 Pulsar GTi-R | Redtop | 8.3:1 | 169 kW (227 hp) @ 6400 rpm (Euro: 164 kW (220 hp) @ 6400 rpm) | 210 lb·ft (280 N·m) @ 4800 rpm (Euro: 196 lb·ft (266 N·m) @ 4800 rpm | T-28 | 7psi | 79 Trim 53 mm (2.1 in) (Inconel), .86 A/R housing | 60 trim 60 mm BCI-1 in standard T-3 housing |
'91-'93 S13 Silvia, 180sx | Redtop | 8.5:1 | 151 kW (202 hp) @ 6000 rpm | 203 lb·ft (275 N·m) @ 4000 rpm | T-25G | 7psi | 62 trim 53.8 mm (2.1 in), .80 A/R housing | 60 trim 56mm BCI-1 |
'94-'98 S13 180sx | Blacktop | 8.5:1 | 151 kW (202 hp) @ 6000 rpm | 203 lb·ft (275 N·m) @ 4000 rpm | T-25G | 7psi | 62 trim 53.8 mm (2.1 in), .80 A/R housing | 60 trim 56mm BCI-1 |
'95-'99 S14 Silvia, 200sx | Blacktop | 8.5:1 | 162 kW (217 hp) @ 6000 rpm | 203 lb·ft (275 N·m) @ 4800 rpm | T-28 | 7psi, 14psi BB | 62 trim 53.8 mm (2.1 in), .64 A/R housing, BB if JDM | 60 trim 60 mm BCI-1 in T-04B housing |
'99-02 S15 Silvia | Blacktop | 8.5:1 | 183 kW (245 hp) @ 6400 rpm | 202 lb·ft (274 N·m) @ 4800 rpm | T-28BB | 14psi | 62 trim 53.8 mm (2.1 in) (Inconel), .64 A/R housing, cast divider wall between turbine discharge and wastegate, ball bearing center section | 60 trim 60 mm BCI-1 in T-04B housing |
- Rotary Engine by Felix Wankel
(wankel engine)
Cara kerja mesin ini cukup spesial, mesih ini tidak menggunakan piston melainkan rotor yang nantinya akan berrputar, ane kasih beberapa foto cara kerja mesin ini
Mobil yang ane demenin yang pake ini mesin itu diantaranya Mazda RX-7, RX-8, 787B. Mesin ini memang beda dengan mesin lain, tapi jangan diragukan performa nya, Bukti :
Ane bakal masukin spek mesin Rotary Mazda 787B :
- Busi : 3 per rotor
- Rotor : 4
- Fuel system : Nippon Denso electronic fuel injection
- Battery: Pulsar
- Maximum Power: 700 hp (520 kW)/9000 rpm
- Maximum Torque: 448 ft·lbf (607 N·m)/6500 rpm
- Instrumentation and Telemetry System by Pi Research
- RB Engine by Nissan
(rb26dett)
RB Engine memiliki versi SOHC & DOHC, dengan perbedaan selain jumlah camshaft juga jumlah katupnya. SOHC punya 2 katup/silinder sedangkan varian DOHC memiliki 4 katup/silinder. Cara membaca kode mesinnya gampang gan, yaitu D berarti DOHC, E berarti EFI (Injeksi), T berarti turbo dan 2 angka berarti kapasitasnya.
Lahir tahun 1985 sampai 2004, RB Engine disusupi teknologi canggih bernama NVCS (Nissan Variable Cam System) yaitu mengefisiensikan kinerja camshaft pada tahun 1993. Inovasi mutakhir juga sempat terjadi pada tahun 1998 gan, dimana pada varian mesin 2.500 cc menggunakan head dengan teknologi “NEO”. Beberapa mobil favorit ane ngandung ini mesin gan kayak skyline r32, r33, r34. Ternyata ini toh mesin dibalik si "Godzilla"
RB20
RB20E : Single-cam (128 HP @5.600rpm, 171 Nm @4.400 RPM)
RB20ET : Single-cam Turbo (143 HP @ 6.000 RPM, 206 Nm @3.200 RPM)
RB20DE : Twin-cam (152,8 HP @6.400 RPM, 186 Nm @4.400 RPM)
RB20DET : Twin-cam Turbo (212 HP@6.400 RPM, 265 Nm @3.200 RPM)
RB20E : Single-cam (128 HP @5.600rpm, 171 Nm @4.400 RPM)
RB20ET : Single-cam Turbo (143 HP @ 6.000 RPM, 206 Nm @3.200 RPM)
RB20DE : Twin-cam (152,8 HP @6.400 RPM, 186 Nm @4.400 RPM)
RB20DET : Twin-cam Turbo (212 HP@6.400 RPM, 265 Nm @3.200 RPM)
RB24
RB24S : Single-cam (139 HP @5.000 RPM, 197 Nm @3.000 RPM)
RB24S : Single-cam (139 HP @5.000 RPM, 197 Nm @3.000 RPM)
RB25
RB25DE : Twin-cam (197 HP @6.000 RPM, 255 Nm @4.000 RPM)
RB25DET : Twin-cam Turbo (245-250 HP @6.000 RPM, 319 Nm @4.000 RPM)
RB25DE NEO : Twin-cam (197 HP @6.000 RPM, 255 Nm @4.000 RPM)
RB25DET NEO : Twin-cam Turbo (276 HP @6.400 RPM, 362 Nm @3.200 RPM)
RB25DE : Twin-cam (197 HP @6.000 RPM, 255 Nm @4.000 RPM)
RB25DET : Twin-cam Turbo (245-250 HP @6.000 RPM, 319 Nm @4.000 RPM)
RB25DE NEO : Twin-cam (197 HP @6.000 RPM, 255 Nm @4.000 RPM)
RB25DET NEO : Twin-cam Turbo (276 HP @6.400 RPM, 362 Nm @3.200 RPM)
RB26
RB26DETT : Twin-cam Twin Turbo (276 HP @6.800 RPM, 392 Nm @4400 RPM)
RB26DETT : Twin-cam Twin Turbo (276 HP @6.800 RPM, 392 Nm @4400 RPM)
RB30
RB30S : carburetted Single-cam
RB30E : Fuel-injected Single-cam (152 HP @5.200 RPM, 247 Nm @3.600 RPM)
RB30E R31 Skyline-spec : Fuel-injected Single-cam (157 HP @5.200 RPM, 252 Nm @3.600 RPM)
RB30ET VL Commodore-spec : Fuel-injected Single-cam Turbo (201 HP @5.600 RPM, 296 Nm @3.200 RPM)
RB30S : carburetted Single-cam
RB30E : Fuel-injected Single-cam (152 HP @5.200 RPM, 247 Nm @3.600 RPM)
RB30E R31 Skyline-spec : Fuel-injected Single-cam (157 HP @5.200 RPM, 252 Nm @3.600 RPM)
RB30ET VL Commodore-spec : Fuel-injected Single-cam Turbo (201 HP @5.600 RPM, 296 Nm @3.200 RPM)
- 4A-GE by Toyota
(4A-GE)
Mesin ini udah ga asing lagi, apalagi mesin ini pasti nyambung sama Hachi-Roku alias AE86, pasti nyambungnya ke Intial D :v
Seri A menunjukan konfigurasi mesin inline 4 cylinder, mesin 4A, dirancang dengan menggunakan “Bore silinder” dari mesin seri 3Ayang diperbesar. Ukuran aslinya adalah 81 mm (3.19 in), tetapi ukuran stroke-nya tetap dipertahankan yaitu berukuran 77 mm (3.03 in). Dengan cara ini, kapasitasnya naik menjadi 1,6L (1578 L), serta memberikan stroke rasio yang menguntungkan saat RPM tinggi. 4A juga dikembangkan menjadi beberapa versi. Salah satunya adalah mesin 4A-GE
- Engine displacement: 1.6 L (1,587 cc)
- Layout: DOHC Inline-4 (Straight-4)
- Bore and Stroke: 81 mm × 77 mm
- Dry Weight (with T50 gearbox): 154 kg (340 lb)
- Valves: 16, 4 per each cylinder
- Power: 115–128 hp (86–95 kW) at 6,600 rpm
- Torque: 148 N·m (109 lb·ft) at 5,800 rpm
- Redline: 7,600 rpm
- Fuel Delivery System: MPFI
DAAAAAAAAAAN INI DIA MESIN YANG ANE SAYANG
2JZ-GTE by Toyota
(2jz-gte)
Cek Spek nya yang namplok di supra mark 4 std :
- 2JZ-GTE/2JZ-GE
- 3000cc
- inline 6
- DOHC
- Twin Turbo
- 6-Speed Manual/4 auto
- RWD
- 326 hp @ 5600 rpm
- 315 ft·lbf (427 N·m)
Segini dulu gan yang bisa ane sampaikan, maaf kalo acak-acakan, dan maaf juga kalo ada yang salah dari postingan ini :D
Tentang Ane
By : Isman Nurfauzan
Halo gan ane Isman biasa dipanggil Isboy, ane brojol ke bumi 11 Oktober 1999
Ane salah satu murid dari sekolah (SMP) favorit di Bandung, Ane fanatik banget sama yang namanya mobil, terutama Drifting, sebenernya bukan drifting aja sih, ane suka musik alias nge band, main game sampe ane main kayak assetto corsa, live for speed dll. yang berbau simulasi mobil dengan bantuan logitech dfgt yang udah ane mod, ditambah lagi main Rocksmith googling aja yak :D
Gapenting liat profile ane caw ke postingan ane aja, kali aja bermanfaat
Ane salah satu murid dari sekolah (SMP) favorit di Bandung, Ane fanatik banget sama yang namanya mobil, terutama Drifting, sebenernya bukan drifting aja sih, ane suka musik alias nge band, main game sampe ane main kayak assetto corsa, live for speed dll. yang berbau simulasi mobil dengan bantuan logitech dfgt yang udah ane mod, ditambah lagi main Rocksmith googling aja yak :D
Gapenting liat profile ane caw ke postingan ane aja, kali aja bermanfaat
Posting Pertama Asik Nih
By : Isman Nurfauzan
Haduuh rebuild blog ane yang dulu gaje, sekarang ane jadiin nih blog.
Cape juga benerin ini blog yang dulu nya bernama Goofy Says Goobers (Masa-masa alay bocah) wajar kali lagian masi bocah kalo gasalah ane kelas 4 SD buat ini blog :l
Sekarang ane kelas 9 mau UN, pergi pagi pulang jam 2, langsung les sampe jam 7, ditemani si Satria (PERINGATAN KERAS KAGAK CACINGAN) jangan ngira ane ababil ya -_-
Post pertama perkenalan aja kali yah, baca dulu dah profile ane nyambung ke sini ntar.
Sehubung maraknya kejadian pembegalan.
RALAT.
Maaf ane tadi ngoplos R*N88 sama A*UA Jadi agak muter gan biasa naik
Udah tau kali ya tujuan blog ane kemana? Yap, Ane tuh memang fanatik banget sama mobil, terutama D1GP, disamping itu ane juga anak band ane jadi Lead Guitarist nya, tapi aneh tujuin buat bahas Drift aja.
Untuk pembahasan drift ntar ane post, dari mulai apa itu drift, teknik drift, profile para drifter, ngebangun mobil drift, simulasi drift, r/c drift, tunning mesin, pembahasan kaki-kaki mobil,dan masih banyak lagi.
Mungkin drifting belum terlalu menarik perhatian orang-orang Indonesia, tapi ane berharap dengan adanya blog-blog tentang drift, kompetisi drifting, dll. Drifting akan naik daun di Indonesia
Cukup mungkin buat perkenalan hehe :D
Cek terus ya postingannya :D
Cape juga benerin ini blog yang dulu nya bernama Goofy Says Goobers (Masa-masa alay bocah) wajar kali lagian masi bocah kalo gasalah ane kelas 4 SD buat ini blog :l
Sekarang ane kelas 9 mau UN, pergi pagi pulang jam 2, langsung les sampe jam 7, ditemani si Satria (PERINGATAN KERAS KAGAK CACINGAN) jangan ngira ane ababil ya -_-
Post pertama perkenalan aja kali yah, baca dulu dah profile ane nyambung ke sini ntar.
Sehubung maraknya kejadian pembegalan.
RALAT.
Maaf ane tadi ngoplos R*N88 sama A*UA Jadi agak muter gan biasa naik
Udah tau kali ya tujuan blog ane kemana? Yap, Ane tuh memang fanatik banget sama mobil, terutama D1GP, disamping itu ane juga anak band ane jadi Lead Guitarist nya, tapi aneh tujuin buat bahas Drift aja.
Untuk pembahasan drift ntar ane post, dari mulai apa itu drift, teknik drift, profile para drifter, ngebangun mobil drift, simulasi drift, r/c drift, tunning mesin, pembahasan kaki-kaki mobil,dan masih banyak lagi.
Mungkin drifting belum terlalu menarik perhatian orang-orang Indonesia, tapi ane berharap dengan adanya blog-blog tentang drift, kompetisi drifting, dll. Drifting akan naik daun di Indonesia
Cukup mungkin buat perkenalan hehe :D
Cek terus ya postingannya :D